ASAL TAU AJA

    VIRTUALISASI

Yaitu teknologi yang memungkinkan sebuah komputer yang melakukan pekerjaan yang mestinya dilakukan oleh beberapa komputer sekaligus dengan membagi sumber daya yang ada di satu komputer ke banyak lingkungan. Server dan desktop yang menggunakan teknologi ini – mereja kemudian disebut dengan server dan desktop virtual – akan memungkinkan anda menghost banyak sistem operasi dan aplikasi sekaligus secara lokal dan jarak jauh. Jadi, anda tidak lagi terikat dengan batasan fisik maupun geografis. Keunggulan lainnya, pemakaian sumber daya hardware anda juga akan makin efisien karena biaya yang mesti dikeluarkan untuk modal dan energi bisa lebih dihemat.

Masih belum ngeh? Ibaratnya begini. Sebelum pemutar multimedia nan praktis seperti Ipod ditemukan, kita baru bisa mendengarkan musik jika memiliki banyak perangkat terpisah seperti kaset, pemutar kaset dan speaker. Untuk menikmatinya, kita juga mesti berada dekat dengan perangkat-perangkat tersebut karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Nah, Ipod boleh dibilang merupakan produk yang memvirtualisasikan semua perangkat terpisah tersebut dalam satu gadget yang mungil tadi. Asyiknya, selain menawarkan kualitas audio yang aduhai, ia juga bisa dimainkan kapan saja dan kapan saja anda menginginkannya.


 

VIRTUAL MACHINE

Bicara soal virtualisasi, tentunya harus bicara juga tentang mesin virtual (virtual machine atau vm). Vm adalah kontainer software terisolasi nan ketat yang bisa menjalankan sistem operasi dan aplikasinya sendiri layaknya sebuah komputer sungguhan. Mesin virtual akan berlak persis seperti komputer fisik dan mengandung CPU, hard disk, RAM dan NIC virtualnya sendiri.

Suatu sistem operasi tidak dapat membedakan antara mesin virtual dengan masin fisik, demikia pula halnya dengan aplikasi atau komputer lain yang ada pada jaringan. Bahkan, si VM sendiri mengira dirinya adalah komputer sungguhan. Padahal, virtual mesin sebenarnya terdiri dari perangkat lunak saja tanpa komponen hardware apa pun. Karena itulah VM menawarkan keuntungan yang berbeda dibandingkan dengan haedware fisik – ia kompatibel dengan semua komputer v86 standar, terisolasi satu sama lain seolah-olah terpisah secara fisik, serta tidak bergantung pada hardware apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalo komentar jangan emosi